5 Tips Merawat Website Agar Ramai Pengunjung
5 Tips Merawat Website Agar Ramai Pengunjung
Di era industri 4.0 ini teknologi semakin canggih dan berkembang. Berbagai kecanggihan tersebut bahkan sudah masuk ke dalam ranah bisnis, salah satunya ditandai dengan penggunaan media online website yang digunakan sebagai alat untuk menunjang kelancaran suatu bisnis perusahaan. Website kini memiliki peran yang sangat penting, bahkan kehadirannya mampu menjadi alat strategi pemasaran. Hal ini sebenarnya sangat wajar, seperti yang kita tahu di Indonesia sendiri hampir setiap orang mengunjungi mesin pencari untuk mendapatkan informasi setiap harinya. Dengan karateristik masyarakat yang gemar berselancar di dunia maya, maka tentu saja hadirnya website mampu menjadi alat utama untuk meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan. Semakin sering website dikunjungi, maka popularitas perusahaan akan semakin meningkat dan target penjualan pun akan naik juga. Namun, untuk menjadikan website memiliki fungsi yang baik membutuhkan proses yang panjang. Untuk menjadikannya mampu berada di posisi teratas mesin pencari Google, bahkan diperlukan suatu strategi yang dinamakan dengan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Selain di optimasi dengan SEO, website sangat perlu untuk dilakukan perawatan. Sama halnya seperti suatu benda, apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik maka akan mudah untuk rusak hingga akhirnya tidak bisa digunakan. Nah, bagi Anda yang bingung tentang bagaimana cara merawat website dengan baik dan benar, cobalah tips merawat website di bawah ini!

5 Tips Merawat Website Paling tepat

1. Perbarui Isi Website Secara Berkala

Tips Merawat Website Secara Berkala Dalam suatu website pasti terdapat suatu isian atau yang biasa kita sebut dengan konten. Agar website dapat terlihat lebih profesional, maka sangat penting bagi Anda untuk selalu memperbarui isi website secara berkala. Hadirkan konten artikel yang berkualitas di dalamnya, dengan adanya konten artikel, Anda bisa memasukan kalimat persuasif di dalamnya yang akan membuat orang tertarik pada produk atau jasa yang dijual. Dengan selalu memperbarui isi website, secara tidak langsung Anda juga akan membantu trafiknya untuk selalu mengalami peningkatan.

2. Update Tampilan Website

Tips untuk merawat website selanjutnya, Anda harus selalu mengupdate tampilan website. Usahakan untuk selalu mengupdatenya secara terjadwal sehingga pengunjung tidak akan pernah bosan untuk melihatnya.
Baca juga: Tips Penting Dalam Memilih Plugin WordPress
Dalam membuat konsep tampilan website, sebaiknya sesuaikan dengan ciri khas perusahaan, sehingga secara tidak langsung website Anda akan selalu diingat dan meningkatkan brand awareness.

3. Perhatikan Statistik Website

Tips Merawat Website yang Tepat
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, website harus dioptimasi dengan SEO dan dilakukan perawatan dengan tepat. Adapun tips merawat website yang tidak boleh Anda lupakan adalah tentang statistik website. Perlu Anda tahu, website yang sehat dan baik yaitu website yang memiliki statistik dengan trafik yang baik. Maka secara rutin, Anda harus selalu memonitor statistik website Anda untuk dapat mengetahui perkembangannya. Selain itu, memonitor statistik website juga akan melindungi website dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya terjadi eror.

4. Lakukan Back Up Data

Ada hal penting lainnya dalam melakukan perawatan pada website yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu melakukan back up data. Back up data harus dilakukan untuk mencegah kehilangan data di dalam website. Jika sewaktu-waktu terjadi eror pada web server, maka data tidak akan hilang dan dapat dilakukan pemulihan.

5. Penambahan Fitur Baru yang Menarik

Salah satu daya tarik suatu website biasanya ada pada fiturnya. Menambahkan fitur baru yang menarik dapat Anda coba sebagai langkah untuk menjadikan website selalu eksis dan ramai pengunjung. Anda bisa menambahkan fitur kekinian, seperti fitur untuk chatting atau fitur pertanyaan.