Tips Penting Dalam Memilih Plugin WordPress
Tips Penting Dalam Memilih Plugin WordPress
Banyak sekali terdapat plugin WordPress yang bisa anda unduh di internet. Namun tidak seluruhnya bisa dipercaya. Bagaimana tips memilih plugin WordPress? Jika anda memilih plugin yang buruk, anda akan mendapatkan risiko website anda akan tenggelam. Plugin yang buruk akan membahayakan website anda dalam berbagai macam cara. Plugin tersebut bisa memperburuk pengalaman user WP dengan mengacaukan interface dan juga mengganggu para pembaca dengan memperlambat website anda. Namun yang paling mengkhawatirkan adalah beberapa plugin bahkan bisa membongkar keamanan website anda, sehingga membuat peretas dengan mudah masuk ke dalam website anda. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat website anda aman, anda harus mengecek setiap plugin sebelum menggunakannya. Oleh karena itu, pada berita kali ini akan menjelaskan beberapa tips dalam memilih plugin WordPress yang harus anda perhatikan.

4 Tips Memilih Plugin WordPress

Hal yang paling mudah ketika memilih plugin WordPress adalah dengan mengecek rating user rata-rata. Rating tersebut akan ditampilkan pada setiap halaman plugin pada WordPress plugin repository. User dapat memberikan satu hingga lima bintang pada plugin. Sangat disarankan untuk tidak memilih plugin yang tidak memiliki setidaknya empat bintang. Jika plugin memiliki rata-rata dibawah empat bintang maka anda harus berhati-hati dengan plugin tersebut, karena bisa saja sangat berbahaya untuk website anda.

1. User Review

User review dapat membantu kita untuk menentukan plugin mana yang baik. Memang akan sangat sulit ketika terlalu banyak review, jadi sangat disarankan untuk membaca review mana yang tertinggi dan terendah untuk bisa memilih plugin sebelum proses instalasi. Tips Penting Dalam Memilih Plugin WordPress 2 Ketika membaca setiap review, cermati beberapa hal seperti beberapa area terlemah dari sebuag plugin. Contohnya, jika beberapa reviewer mengungkapkan bahwa website mereka melambat setelah instalasi, anda sebaiknya tidak menggunakan pluin jenis ini. Jika terdapat lebih banyak komen negative dibandingkan yang positif, anda juga harus mempertimbangkan hal tersebut.

2. Instalasi Aktif

Sebagai pertimbangan, semakin tinggi jumlah instalasi aktif sebuah plugin, semakin terpercaya plugin tersebut. WordPress.org membuat hal ini sangat mudah untuk dipahami. Seluruh plugin WordPress yang ada di WordPress.org plugin repository memunculkan beberapa instalasi aktif. Sangat disarankan untuk tidak memilih plugin WordPress gratis yang memiliki kurang dari 1,000 instalasi aktif.

3. Update dan Kompatibilitas

Ketika plugin tidak diupdate secara reguler oleh sang pemilik, biasanya website tersebut rentan terserang hacker. Dan juga, plugin idealnya harus diupdate berbarengan dengan update menyeluruh dari WordPress untuk memastikan kompatibilitas.
Baca juga: Cara Membuat Website Secara Cepat dan Mudah
Konsistensi dan update secara reguler adalah sebuah cara yang baik untuk meningkatkan level keterlibatan aktif sang pemilik plugin. Untungnya, WordPress plugin repository menunjukkan kapan sebuah plugin terakhir kali diupdate.

4. Support dan Dokumentasi

Seluruh plugin yang ada pada WordPress plugin repository memiliki sebuah forum pendukung yang terletak pada menu Support. Jika anda melihat aktivitas reguler yang ada pada forum-forum tersebut, itu adalah tanda yang bagus bahwa sang pemilik sangat aktif untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan user. Oleh karena itu, sang pemilik dapat menghandle support plugin secara eksternal. Sehingga anda bisa mengecek website mereka untuk mengetahui lebih lanjut tentang opsi support ini. Sebagai tambahan, anda bisa mengecek untuk melihat seperti apa dokumentasi yang ditawarkan oleh sang pemilik. Itu adalah beberapa tips penting memilih plugin WordPress yang bisa anda lakukan untuk dapat membuat website anda semakin berkembang.