Ternyata Begini Cara untuk Mengetahui Pemilik Domain Website, Cukup Mudah dan Simple!
Ternyata Begini Cara untuk Mengetahui Pemilik Domain Website, Cukup Mudah dan Simple!

Jika kita merenung dan berpikir sejenak, kita akan menemukan bahwa saat ini informasi bisa didapatkan dengan mudah oleh mereka yang memiliki alat untuk melakukan pencarian informasi. Dan jika kita melakukan pendataan lebih lanjut, hampir semua orang saat ini mempunyai alat tersebut, sebut saja smartphone.

Dengan tidak terbatasnya penggunaan smartphone dan beriringan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, hampir tidak ada lagi informasi yang tersembunyi di dunia ini. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin meraup rupiah dengan menawarkan sebuah jasa penyedia domain atau produk lainnya.

Tak jarang ada juga yang sengaja mengumpulkan informasi penting suatu website dengan maksud ditawarkan kepada orang lain. Hal itu mereka lakukan dengan mencari tahu siapa pemilik domain tersebut dan segala hal yang bisa dimanfaatkan demi kepentingan penawaran produk. Nah, penasaran bagaimana cara mengetahui pemilik domain website? Langsung saja disimak ulasan berikut ini!

Berikut Langkah dan Cara Mengetahui Pemilik Domain Website

1. Menggunakan Bantuan WHOIS

Menggunakan Bantuan WHOIS

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui nama pemilik suatu domain adalah dengan menggunakan bantuan WHOIS. Merupakan sebuah website yang dibangun khusus untuk menguak nama pemilik suatu domain.

Anda tinggal mengunjungi website WHOIS, setelah itu memasukkan nama website yang ingin diketahui pemilik domainnya.

Perlu dicatat bahwa cara ini hanya dapat berfungsi dengan baik kepada seluruh website yang tidak menerapkan proxy atau keamanan privasi domain untuk melindungi informasi website mereka. Adapun informasi yang akan didapatkan tentang website adalah sebagai berikut:

  • Kontak Registran

Merupakan salah satu hal paling krusial bagi para penyedia jasa domain atau periklanan, tanpa adanya informasi ini tentu saja mereka tidak akan bisa menawarkan jasa domain ataupun mengiklankan produknya di sebuah website, yang di mana sekarang kita banyak menemukan website enggan untuk mencantumkan informasinya kontaknya pada webpagenya, entah karena alasan privasi dan yang lainnya.

Selain itu, kontak registran akan sangat berguna untuk mengetahui sebuah website terindikasi kasus penipuan atau tidak, hal ini bisa dilihat apabila kontak yang tertera pada webpage berbeda dengan apa yang ada pada informasi kontak registran.

Dalam bagian ini juga dilengkapi dengan informasi mengenai organisasi, alamat atau tempat tinggal dari pemilik domain.

  • Data Raw WHOIS

Informasi kedua yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan bantuan WHOIS adalah mengenai raw data dari sebuah website.

Bagian ini merupakan bagian yang paling detail daripada bagian-bagian yang sebelumnya, khususnya mengenai bioinfo dari pemilik domain.

Raw data juga akan memberikan informasi mengenai status dari sebuah website, aktif, tidak aktif, dan bahkan Anda bisa langsung membeli dan membalik nama suatu website yang sudah diurus lagi oleh pemiliknya dan telah habis masa sewanya, baik itu sewa domain maupun hosting.

2. Dengan Melakukan Inspect pada Webpage

Apabila gagal dengan menggunakan WHOIS, ada cara lain yang tidak kalah mudah, yaitu dengan melakukan inspect pada suatu halaman web.

Jika beruntung, Anda dapat menemukan beberapa informasi mengenai kontak dari pemilik domain walaupun sangat minim.

Biasanya informasi ini akan muncul pada bagian atas dan bawah suatu website, dan disarankan untuk berfokus pada pencarian informasi kontak. (contact information)

Itulah tadi langkah dan cara mengetahui pemilik domain website, Anda bisa menggunakan bantuan website WHOIS ataupun dengan melakukan inspect pada webpage. Sebaiknya mencoba dengan bantuan WHOIS terlebih dahulu karena informasi yang diberikan cukup lengkap.