Cara Membuat Website Company Profile dengan WordPress
Cara Membuat Website Company Profile dengan WordPress
Memiliki sebuah perusahaan tentu merupakan suatu kebanggaan bagi siapapun pemiliknya. Perusahaan yang telah berdiri tentu harus dikelola sebaik mungkin agar reputasinya tetap bertahan. Salah satu pengelolaan yang dapat dilakukan dewasa ini adalah dengan membuat website company profile. Website company profile sangat penting kehadirannya di era digital ini, walaupun tidak mendatangkan keuntungan langsung kepada perusahaan. Namun dengan memiliki website, perusahaan Anda akan dipandang sebagai perusahaan yang open information, memiliki kredibilitas yang tinggi dan membuka layanan untuk umum. Website company profile umumnya berisi tentang profile perusahaan dari mulai sejarah didirikan, visi misi, layanan / produk yang ditawarkan, informasi sekitar layanan/produk, hingga testimoni dari pelanggan atau klien yang telah menggunakan jasa / produk perusahaan Anda. Cara membuat website company profile sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan tanpa menggunakan jasa. Anda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti panduan-panduan yang tepat.

Cara Membuat Website Company Profile di WordPress

Untuk membuat website company profile, modal yang harus Anda miliki tentu saja laptop serta akses internet yang bagus. Adapun cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat website company profile di antaranya:

1. Menginstal WordPress

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah instal WordPress sama seperti membuat website pada umumnya. Untuk memulai langkah ini sebelumnya Anda harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. Domain dan hosting ini dapat Anda beli di jasa hosting terdekat.

2. Masuk ke dashboard WordPress

Langkah selanjutnya adalah masuklah ke dashboard WordPress. Untuk dapat memasukinya, Anda cukup ketik saja di halaman browser domain yang Anda miliki. Setelah itu Anda akan diantarkan pada kotak perintah di mana Anda harus mengisi password dan username domain Anda saat Anda menginstal WordPress. Ketika Anda telah berhasil masuk ke dashboard, Anda akan mengelola isi website berupa konten, tema, dan lain-lain. dashboard ini terbagi ke dalam tiga bagian penting, yaitu:
  • Toolbar. Menu ini ada pada sisi kanan atas website di mana Anda dapat mengelola profil perusahaan Anda dan tempat di mana Anda akan menerima notifikasi dari pengunjung baik berupa komentar dan lain-lain.
  • Menu navigasi. Merupakan menu utama di mana Anda dapat mengelola konten, komentar, profile, tema, dan lain-lain.
  • Area kerja utama. Pada area ini Anda dapat menampilan kerja, aktivitas dan notifikasi yang penting. Ada empat bagian penting yang disajikan dalam menu ini yaitu at a glance, activity, quick draft, dan WordPress News.

3. Isi identitas perusahaan

Cara membuat website company profile yang ketiga adalah dengan mengisi semua identitas perusahaan dari mulai sejarah berdiri, visi misi, logo, layanan/produk yang ditawarkan, dan lain-lain yang kiranya perlu Anda sampaikan sebagai profile perusahaan Anda.
Baca juga: Tips Penting Dalam Memilih Plugin WordPress

4. Pilih tema

Langkah selanjutnya adalah memilih tema. Pilihlah tema yang tepat di mana tema tersebut tidak akan mengganggu pengunjung saat mengunjungi website Anda. Tema ini dapat Anda miliki dan terapkan dengan gratis. caranya adalah pergi ke menu tema yang ada di dashboard kemudian pilihlah tema sesuai dengan selera Anda.

5. Membuat halaman website

Halaman ini dapat Anda tentukan jumlahnya sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Untuk membuat halaman, langkah yang harus Anda lalui adalah pergi ke dashboard, pilih page dan pilih add new. Otomatis halaman Anda akan bertambah. Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat website company profile. Untuk pemula proses ini memang akan sangat rumit, namun Anda akan segera terbiasa jika Anda sudah menguasainya.