4 Pilihan Cara Untuk Redirect Domain Lama ke Domain Baru Via Htaccess
4 Pilihan Cara Untuk Redirect Domain Lama ke Domain Baru Via Htaccess
Bagi kamu yang bergelut di dunia website, dan ingin mengganti domain lama ke domain baru tapi bingung bagaimana caranya agar eksistensi website kamu tetap dan tidak menurun. Kamu wajib mengetahui cara redirect domain lama ke domain baru. Melakukan redirect atau pengarahan merupakan hal penting ketika kamu memilih untuk mengganti domain lama ke domain baru. Dengan begitu, pengunjung serta postingan lama kamu di domain sebelumnya akan tetap terindex oleh mesin pencari google. Nah, kamu dapat menggunakan redirect di file .Htaccess agar pengunjung di domain lama kamu dapat diarahkan ke domain baru, sehingga trafic website kamu pun tidak akan menurun.

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru

Ada 4 pilihan jika kamu melakukan redirect domain lama ke domain baru melalui .Htaccess. Seperti apa caranya? Simak yuk, ulasannya berikut ini!

1. Mengarahkan semua halaman domain lama ke domain baru

Untuk mengarahkan semua domain lama, maka kamu perlu menyiapkan nama .Htaccess pada direktori web, dengan melihat halaman utama direktori sejajar dengan file index situs. Lalu kamu tulis nama file baru dengan nama .htaccess, Permision untuk halaman ini adalah 0644. Namun, jika kamu menggunakan WordPress maka kamu tidak perlu lagi membuat file.htaccess baru lagi karena sudah tersedia, kamu tinggal mengeditnya saja. Kemudian pada file .htaccess kamu harus menyalin atau menuliskan kode berikut ;
RewriteEngine On RewriteCond %{HTTP_HOST} contoh.com$ RewriteRule ^(.*) https://contoh1.com/ [R=301,L]
Nah, sekarang kamu dapat mengganti contoh.com dan contoh1.com dengan nama domain asli kamu. Dengan begitu, maka sekarang semua halaman yang ada di domain lama kamu sudah berhasil diarahkan ke domain baru kamu.

2. Mengarahkan semua halaman domain lama ke 1 halaman domain baru

Untuk cara redirect yang kedua ini biasanya dipakai jika kamu ingin memberikan pesan pada para pengunjung di domain lama kamu bahwa sekarang kamu menggunakan domain baru. Nah, untuk menampilkan pesan tersebut maka harus diarahkan pada satu halaman domain baru yang akan menampilkan pesan tersebut. Karena jika kamu menggunakan cara di atas maka hanya akan mengarah pada halaman home saja. Caranya yaitu dengan menambahkan kode berikut ini:
RewriteEngine On RewriteCond %{HTTP_HOST} nama.com$ RewriteRule ^(.*) https://contoh1.com/halamanpesan [R=301,L]
Untuk cara ini, maka kamu harus menambahkan halaman pesan sebagai URL halaman baru yang kamu buat pada domain baru kamu dan pastikan bahwa halaman URL tersebut benar dan tersedia.

3. Mengarahkan semua halaman dari domain lama ke domain baru sesuai halaman

Sedangkan untuk cara redirect yang berikut ini,  berlaku untuk kamu yang hanya mengubah nama-nama domainnya saja, dan untuk URL postingan, halaman dan lainnya asih sama. Caranya yaitu dengan menggunakan kode berikut ini:
RewriteEngine On RewriteCond %{HTTP_HOST}nama.com$ RewriteRule ^(.*) https://nama1.com/$1 [R=301,L]
Jadi, jika ada yang mengunjungi domain lama kamu maka akan secara otomatis diarahkan ke domain baru kamu.

4. Mengarahkan domain lama ke domain baru (hanya beranda)

Untuk cara redirect domain lama ke domain baru yang terakhir yaitu dengan mengarahkan domain lama ke domain baru namun hanya pada beranda saja. Caranya lebih mudah, kamu hanya perlu menghapus tanda dolarnya saja. Contohnya seperti berikut ini:
RewriteEngine On RewriteCond %{HTTP_HOST} contoh.com RewriteRule ^(.*) http://contoh1.com/ [R=301,L]
Dengan begitu maka pengunjung hanya akan diarahkan pada halaman beranda doman baru saja, untuk halaman lain di domain lama masih tetap dapat diakses. Itulah bebarapa pilihan cara redirect domain lama ke domain baru melaui .Htaccess. Semoga bermanfaat.