Ketahui Dasar CRUD Ini Untuk Optimalkan Fungsi Website Anda!
Ketahui Dasar CRUD Ini Untuk Optimalkan Fungsi Website Anda!
Mau buat website atau aplikasi ternyata bukan tanpa pondasi. CRUD adalah Create Read Update Delete, adalah dasar dari awal perencanaan website yang dipakai oleh jasa pembuatan website. Fungsi sistem ini menjadi panduan handal untuk mengolah data website, sehingga konten bisa dikelola dengan baik dari mulai tahapan pembuatan atau create sampai delete atau penghapusan.

Dasar-Dasar CRUD website

Pembuatan CRUD sangat diperlukan dan menjadi dasar dari setiap jasa pembuatan website Jakarta. Fungsinya kurang lebih seperti form membuat posting Facebook lalu membacanya kemudian membuat perubahan bila ada yang salah. Selain itu bila tidak ingin posting tersebut ada di website, maka langkah yang diambil cukup dengan menghapusnya. Dengan berpegangan pada pedoman CRUD maka konten website anda akan selalu sehat karena ketika diperiksa ulang maka dapat direvisi kesalahan maupun perihal informasi aktual. Apabila ada konten yang tidak sesuai, kesalahan penulisan atau adanya makna yang tidak nyaman dibaca. Maka update dan perubahan adalah suatu hal yang lazim dilakukan untuk menjaga kualitas konten website yang berkualitas.

1. C (Create)

Ketika anda membuat konten baik berupa tulisan, foto atau audio maka anda sedang membuat sebuah data baru, Langkah tersebut adalah Create yang merupakan salah satu bagian dari CRUD. Semakin variatif konten yang dibuat membuat data yang anda buat menjadi semakin menarik. Contohnya ketika seseorang melakukan registrasi di sebuah website maka hal tersebut juga termasuk dalam kategori Create. Anda membuat kemudian menyimpan data registrasi tersebut ke dalam database website.

2. R (Read)

Teknologi website seperti HTML dan CSS adalah kemampuan seseorang mebaca konten website melalui bahasa programnya. Untuk aplikasi CRUD sendiri anda dapat membaca atau menampilkan data yang tadinya berada di database MySQL yang kemudian ditampilkan pada situs anda dengan pakai bahasa pemrograman PHP. Kegiatan untuk merubah data tersebut sehingga menjadi terbaca pada situs adalah proses Read yang termasuk pada proses CRUD.

3. U (Update)

Untuk fungsi lain dari CRUD adalah update atau melakukan revisi. Proses ini adalah langkah mengedit sebuah data bila dianggap perlu. Hal tersebut tentu merupakan hal biasa, bila ada isi konten yang perlu diubah setelah melalui proses review. Hal ini tentu sangat bermanfaat untukmenjaga kualitas ini website. Data diambil dari database yang lalu kemudian di edit dengan memakai bahasa pemrograman Php yang nantinya ditampilkan di WEB. Contoh untuk tidakan update adalah melakukan pengeditan profil facebook, menambah keterangan atau foto pada database.

4. D (Delete)

Dari katanya sendiri sudah dapat ditebak fungsi dari detelte sendiri. Walau delete memiliki kesamaan dengan Update, proses ini lebih untuk mengambil langkah penghapusan data pada database yang dilakukan dengan bahasa PHP. Ada berbagai alasan untuk menghapus data, bisa karena ada hal yang mengandung SARA atau konten negatif yang tidak disarankan ada pada website anda. Contoh langkah delete yang wajar dilakukan pada sebuah blog adalah kala terdapat komentar komentar yang tidak sopan dan berbau SAR, kemudian pemilik web dapat menghapus komentar tersebut. itulah contoh kecil dari melakukan proses delete dalam CRUD. Jasa pembuatan website akan mengaplikasikan CRUD (create, read, update dan delete) dalam penanganan data yang dimilikinya dalam database. keempat proses tersebut dapat silih berganti dilakukan sesuai dengan kebutuhan website yang sesuai dengan kondisi dan data yang terseimpan pada database.